1.Menguasai Materi
2.Membaca Al-Qur’an dengan baik / Tartil ( Mengikuti kaidah ilmu tajwid )
vLayak
vAda pedoman / Acuan / Barometer
vAda sanadnya
3.Menguasai kelas ketika mengajar ( Cepat Tanggap )
4.Menguasai waktu ketika mengajar
5.Mempunyai Hafalan yang cukup
6.Menyampaikan materi hafalan dengan proporsional
7.Mengetahui kelebihan dan kekurangan setiap santrinya
vTujuan dari mengetahui kelebihan setiap santri adalah:
1. Guru dapat memberikan riward / penghargaan / pujian
2. Guru dapat memberikan pengakuan bahwa si anak tersebut sudah ada peningkatan dalam
belajar, peningkatan kelancaran, peningkatan pemahaman. Dari sinilah anak akan bertambah
semangat/termotivasi
vTujuan dari mengetahui kekurangan dari setiap santri adalah:
1. Guru dapat memberikan terapi dengan tepat dan akurat
2. Guru dapat mengukur atau memperkirakan berapa lama santri akan dapat menyerap pelajaran dengan baik
8. Guru Mempunyai target dan sasaran yang ingin dicapai setiap TM ( Tatap Muka )
9. Guru memberikan materi pada santrinya terukur
10. Disiplin yang tinggi dan istiqoma
11. Tegas ( Bukan kasar, bukan menghukum dengan fisik )
12. Menguasai Administrasi Pembelajaran
vMengisi Absensi
vMengisi jurnal harian setiap mengajar
vMempunyai dan Memahami Prosem ( Program Semester )
vMengisi Form Hafalan
vMengisi Form Do’a sehari – hari
13. Mempunyai ilmu psikologi anak
14. Mempunyai tahapan mengajar
TAHAPAN MENGAJAR
Metode Al-Insyirah
Durasi waktu mengajar 60 Menit / 1 Jam
1.PEMBUKAAN ( 5 – 10 Manit )
§ Guru menertipkan santri
§ Salam
§ Sikap Berdo’a ( Guru yang memberi komando )
§ Al-Fatihah
§ Santri membaca Do’a dengan kompak, dengan baik
§ Hafalan Surat-surat pendek yang sudah diajarkan ( secara bersama-sama
atau secara cak )
§ Menambah hafalan baru ( Kurang lebih 1- 3 ) ayat
2. KEGIATAN INTI ( 45 Menit )
Ø Apersepsi / Mengingatkan Pelajaran yang sudah pernah diajarkan agar tidak lupa
( Santri membaca secara Klasikal, dikomando oleh gurunya dengan komando ketukan )
Ø Penanaman Konsep Baru
Penanaman Konsep Baru ini harus diulang-ulang sampai santri mengerti semua
ØPemahaman Konsep Baru
Dalam pemahaman Konsep Baru ini Guru selalu bertanya kepada santri, Baik secara
klasikal, Kelompok, Acak, Individual. Jadi guru memastikan setiap santri betul-betul
memahami materi baru ini. Setelah paham baru ....
ØLatihan / Keterampilan membaca
Latihan secara Klasikal ( Seluruh santri membaca bersama-sama, dan guru hanya memberi aba-aba ) ketukan, tepuk atau hitungan
Disaat melaksanakan latihan keterampilan membaca, Pastikan seluruh santri
a.Melihat tulisannya
b. Menunjuk tulisannya
c. Membaca dengan suara yang jelas, lebih keras, kompak
( Jika ada santri membacanya salah, langsung diingatkan )
Latihan secara Individual Klasikal ( 1 santri membaca dan ditirukan santri yang lain )
* Penilaian ( Nilai di kartu prestasi )
Penilaian dalam kartu prestasi
Membaca benar semua nilainya : A Nilai Angka : 100
Membaca salah 1 Nilainya : B+ Nilai Angka : 95
Membaca salah 2 Nilainya : B Nilai Angka : 90
Membaca salah 3 Nilainya : B- Nilai Angka : 85
Membaca salah 4 Nilainya : C + Nilai Angka : 80
Membaca salah 5 Nilainya : C Nilai Angka : 75
Membaca salah 6 Nilainya : C- Nilai Angka : 70
3.PENUTUP ( 5 Menit )
Hafalan terbaru. Santri membaca bersama-sama
Persiapan do’a
Do’a
Salam
●
Tidak ada komentar:
Posting Komentar